Berapa helai rambut rontok setiap hari?

Jumat, 23 Juli 2010


Rambut rontok adlah hal yang ditakuti dan paling dicemaskan oleh kaum hawa.

Namun girls, perlu kita tahu, rambut rontok setiap hari bisa merupakan hal wajar. Tapi, pada kondisi tertentu masalah rambut satu ini justru dapat menjadi problem serius.

Terus, berapa helai rambut rontok yang normal setiap hari? Dan, pada kondisi apa kita perlu mewaspadai rambut rontok?

Ahli endokrinologi, Jeffrey Garber MD menyatakan, kehilangan sekitar 100 helai rambut setiap hari itu masih tergolong normal.

"Bahkan jika rambut Kita menipis, tidak perlu langsung khawatir, karena bisa jadi hal itu disebabkan perubahan hormonal. Misalnya, Kita baru melahirkan, keguguran, atau menggunakan pil KB hormonal. Rambut rontok dapat menjadi indikasi proses pemulihan tubuh," kata Garber.

Garber menambahkan, umumnya rambut rontok akibat perubahan hormonal dapat kembali ke kondisi normal sekitar 3-4 bulan.

Namun, dalam kondisi apa kerontokan rambut bisa menjadi sinyal gangguan kesehatan? Menurut Garber, Kita bisa melakukan tes 'menarik rambut'. 

"Tarik segenggam rambut secara perlahan tanpa menekan hingga ke bagian ujung rambut. Jika rambut rontok lebih dari 5 helai, hal itu bisa menjadi indikasi kita kemungkinan sedang mengalami gangguan kesehatan. Apalagi jika kita ulangi cara ini, hal yang sama terjadi lagi."

Garber menyarankan, agar kita sebaiknya berkonsultasi pada dokter kulit atau pakar kesehatan rambut. Selain memeriksakan kondisi kulit kepala, kita juga perlu melakukan tes darah untuk mengetahui adanya gangguan kesehatan atau apakah kita kekurangan asupan nutrisi untuk rambut. Kekurangan seng, zat besi dan vitamin B bisa membuat rambut rontok yang tidak normal.

0 comments:

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

About Me

Foto Saya
_debocan_
Bandung, Indonesia, Indonesia
a monogamous straight girl,that f-ing truly believe at her f-ing dream.....
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.